Jogging Track Terpanjang di Jakarta

jogging track BKT

    Panjang sekali jogging track ini ya, kesan itulah yang muncul dalam benak gw saat memacu kaki untuk lari pagi, di jogging track yang ada di pinggir Banjir Kanal Timur, Jakarta Timur.
Sebagai penghuni di kawasan timur Ibu Kota, eksplor sekeliling adalah hal yang harus dilakukan. Apalagi mencari lokasi untuk lari pagi adalah satu hal yang jadi kewajiban ketika menginjakkan kaki di lingkungan baru. Maklum sebagai penghobi lari, lokasi latihan jadi hal penting buat gw hehe.

    Terletak tidak jauh dari apartemen gw di bilangan Jakarta Timur, lokasi jogging track ini sempat gw baca dari mbah google. Alhasil suatu saat di pagi hari, gw mencoba untuk mencari lokasi tersebut. Sekitar 500 meter berlari santai, gw menemukan lokasinya.  Menurut gw sih ini sebenarnya jalan inspeksi untuk Banjir Kanal Timur yang jadi penangkal banjir di Jakarta. 

    Long short story, memang Banjir Kanal Timur ini sengaja dibangun oleh pemerintah untuk atasi banjir yang kerap terjadi di Jakarta, terutama di wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Utara. Saat musim penghujan, kapasitas aliran kali Cipinang, Sunter, Buaran, Jatikramat ddan Cakung belum mampu menampung debit air yang tinggi, sehingga banjir sering terjadi. BKT membentang sepanjang 23,5 kilometer dari Kebon Nanas, Jakarta Timur hingga pantai Marunda, Jakarta Utara. Nah kawasan jogging track ini berada di kanan kiri BKT, dengan ditanami pepohonan dan tanaman hias untuk mempercantik penampilannya. 

    Saat pagi hari, matahari belum terlalu terik jadi momen paling istimewa untuk berolahraga di kawasan ini. Berlari dengan pemandangan BKT dan sekitarnya jadi menu utama para pelari atau pegiat olah raga di sini. Menyusuri jalan ini, gw bertemu dengan banyak orang juga yang melewatkan waktu pagi dengan mencari keringat, selain itu saat pagi terlihat banyak petugas pembersih jalan yang menyapu kawasan ini, sehingga jogging track terpanjang di Jakarta tampak selalu bersih setiap saat.

    Selain kondisi jalan yang bersih, di sekeliling jalan juga ditanami pohon hias berwarna warni, menambah keindahan kawasan. Oh ya setiap sore, tanaman hias di kawasan ini juga disiram oleh petugas, sehingga semakin indah dipandang mata. Jangan sampai ya ada tangan tangan jahil merusak atau mencabut tanaman ini. Juga terdapat halte halte untuk pengunjung bersantai, bahkan taman taman olah raga yang berisi kumpulan alat olah raga yang bisa digunakan secara gratis oleh siapapun. Nah penggemar Calistenic bisa nih latian di sini. Kawasan BKT dengan taman di sekelilingnya harus dijaga bersama. 

    Selain tanaman hias, pohon pohon besar juga terdapat di pinggir kanan dan kiri jalan, seperti pohon pinus dan lain lain. Walau matahari semakin tinggi, tapi lari di kawasan ini tetap nyaman karena terlindungi oleh pepohonan yang seolah menjadi payung alami. So jangan takut item yaa,  Saat gw melihat jam, waktu sudah menunjukkan pukul 9 pagi, dan kawasan ini masih saja nyaman untuk dilintasi karena terlindungi oleh pepohonan.

    Kawasan Banjir Kanal Timur juga selalu ramai saat akhir pekan. Banyak pedagang makanan kecil yang berjualan di kawasan ini, seolah menyambut orang yang sedang berolah raga atau sekedar melintas untuk melihat. berbagai permainan anak kecil seperti menggambar hingga kuda kuda kecil yang akan mengajak pengunjung berkeliling juga tersedia. Pokoknya wajib cobain deh kawasan ini, karena sudah menjadi kawasan olah raga yang nyaman karena memiliki jogging track yang panjang serta jadi wisata alternatif buat warga di Jakarta Timur.







1 komentar untuk "Jogging Track Terpanjang di Jakarta"