Kota Tua Batavia, Riwayatmu Kini..

Halo gaes.....para traveller dan semacamnya. Setuju ga sih kalau Ibu Kota Jakarta, punya sejarah yang panjang? Pasti Setuju dong, karena Jakarta itu sudah berulang tahun ke 495 kali tahun 2022. Dalam jangka waktu ratusan tahun itu juga, Jakarta sempat berganti ganti nama loh, udah pada tau blom??

Ini khusus buat yang blom tau aja ya, di tahun 1526, kawasan ini disebut Sunda Kelapa ya gaes, nama ini dikaitkan dengan sebuah pelabuhan Sunda Kelapa di kerajaan Hindu Pajajaran. Nah blom selesai tuh, karena namanya ganti lagi, jadi Jayakarta. Di tahun 1619, ketika VOC berhasil menghancurkan Jayakarta, mereka tuh membangun sebuah kota baru bernama Batavia. Buat yang blom tau, apa sih arti Batavia, nih gw kasih tau lagi ya, artinya adalah untuk menghormati Batavieren alias leluhur bangsa Belanda. Nah setelah itu berganti lagi menjadi Jakarta hingga saat ini. Sebenarnya mirip-mirip juga dengan nama Jayakarta ya gaes, sebelum jadi Batavia hehehe.

Ada satu hal yang menarik perhatian gw, yaitu kawasan Kota Tua. Dulu nih sebutannya Batavia Lama atau Oud Batavia. Kawasan ini tuh sebuah wilayah kecil, cuma sekitar 1,3 hektare, dan letaknya tuh ada di Pinangsia, Jakarta Barat.

PERJALANAN KE KOTA TUA

Hayo ngaku aja yang belum pernah ke sini, nanti gw ajak jalan jalan. Yup jalan jalan virtual kali ini tujuannya Kota Lama ya gaes. Karena gw ga suka dengan kemacetan Ibu Kota, gw lebih suka naik Kereta Commuter Line alias KRL, dari rumah gw di kawasan Bogor. Naik KRL emang jadi pilihan gw banget, karena bener bener cuma naik sekali aja, langsung bisa sampai ke tujuan. Jadi gw naik KRL tujuan Jakarta Kota dari Stasiun Bojonggede, di Bogor, Jawa Barat. Gw pilih saat week end ya gaes, karena biar dapet vibesnya akhir pekan. Pasti lebih banyak pengunjung di akhir pekan.

Dan gw itu pengen banget menikmati suasana Kuta Tua di waktu pagi. Alhasil gw berangkat jam 5 pagi, saat Sang Mentari udah muncul dikit dikit dari Timur, jadi ga gelap banget ya, karena bulan Oktober 2022 itu bisa jadi posisi matahari lagi deket sama bumi, karena meski baru jam 5 pagi, suasana pagi sudah terang benderang.

Tumben banget dapat tempat duduk di KRL, bisa jadi yang laen belum pada bangun ya, sementara gw pengen menikmati Sunrise nya kota Tua. Perjalanan pake KRL selalu menyenangkan bagi gw. Karena bisa santai, dengerin musik, scrol scrol tiktok, ampe liat youtube channel gw dan orang orang. Asyik banget deh, bener bener me time banget saat itu. Dari Stasiun Bojonggede ke Stasiun Jakarta Kota itu memakan waktu kurang lebih 1,5 jam ya gaes. Lumayan lama karena jaraknya juga lumayan jauh. Dan kaki gw ga pegel, karena ga perlu nyupir dari rumah. Emang mobil di rumah banyak nganggurnya sih, karena gw lebih suka naik public transportation.

Akhirnya gw sampai nih di Stasiun Jakarta Kota, Stasiun ini sudah ada sejak lebih dari seabad silam ya gaes, jadi arsitekturnya itu bagus banget, vibesnya ala bangunan bangunan di Eropa tempoe doeloe. Bisa gw bilang bagus banget ya. Karena keunikan bangunan dan usianya yang udah ratusan tahun, Stasiun Jakarta Kota sudah ditetapkan sebagai cagar budaya tahun 1993.

KOTA TUA JADI BATAVIA

And here I am, sampai di Kota Tua.

Nah story nya gw mulai dari sini ya gaes, yang tadi appetizer dulu hehehe, Tau ga apa yang buat gw penasaran pengen liat Kota Tua? Karena di bulan September 2022 kemaren, Kota Tua dibuka kembali setelah sebelumnya direvitalisasi. Dan oleh Gubernur DKI Jakarta saat itu, Anies Baswedan Kota Tua diubah namanya jadi Batavia. Jadi kembali lagi ke zaman dulu ya gaes, memang setelah gw baca beberapa artikel yang memuat wawancara pak Gubernur, beliau ingin mengembalikan sesuai nama aslinya dulu, karena kawasan kecil ini memang dulunya punya nama Batavia.

Nah Stasiun Jakarta Kota itu satu kawasan dengan Batavia ya gaes, jadi begitu keluar dari Stasiun.....mata gw langsung terpana ngelihat kenyataan yang ada. Duh ga ada lagi keruwetan angkot pedagang lima, dan lain sebagainya yang mengganggu kenyamanan wisatawan. Ini gw keluar langsung mata bisa jauh memandang ke depan. Duh bener bener nyata gaes hasil dari revitalisasinya.

Oh ya sebelum gw jalan jalan di kawasan ini, gw sarapan dulu ya, kebetulan ada penjual nasi pecel di dekat stasiun. Jadi isi bensin dulu gw, buat energi jalan jalan di kawasan ini. Suasana pagi memang selalu menyenangkan ya, matahari belum terlalu terik, malah bagus buat kesehatan. Ditemani sebotol teh Sosro dingin, nikmat sekali sarapan pagi ini. Udah kelar makan yuk lanjut lagi jalan jalannya.

Ada satu hal yang mencuri perhatian gw saat melihat hasil revitalisasi Batavia, gw salfok sama jalur pedestrian yang luas banget. Atau bisa gw bilang memang kawasan ini jadi disulap menjadi kawasan pedestrian. Ga ada lagi tuh jalan yang biasanya dipakai mobil atau motor. Ternyata eh ternyata emang inilah konsepnya Batavia, yang dikhususkan buat wisatawan yang ingin menikmati suasana kolonial dengan berjalan kaki. Serius ni pedestrian luas bangetttt. Gw pun ga sabar mulai jalan jalan, ternyata banyak pesepeda juga yang berlalu lalang di akhir pekan ini, dan ada jalur sepedanya loh. Bergerombol, para pesepeda ini kayaknya asyik banget minum kopi sambil bercakap cakap ya gaes. Melangkah lebih jauh, gw melihat sekumpulan anak anak sedang bermain tali. Ternyata permainan jama dulu ini masih digemari hingga saat ini. Seneng juga ya ngeliat anak anak bermain tanpa takut lalu lalang kendaraan. Bisa dibilang kawasan ini emang safe banget sih buat anak anak.

Kaki gw terus melangkah dan tibalah gw di pusatnya Batavia, yaitu sebuah lapangan luas banget di depan museum Fatahillah. Woi kawasan ini berbeda dari ingatan gw sebelumnya ketika terakhir ke sini. Makin bersih ya gaes, trus pedestrian dengan ubin ubin berwarna abu abu menghampar luas di kawasan ini. Batavia memang disiapkan untuk kawasan rendah emisi ya gaes, jadi tidak ada polusi lagi di sini.

Oh ya, ga cuman jalan jalan doang, kalau kalian suka wisata sejarah, bisa loh melihat- koleksi museum Fatahillah, museum Seni Rupa, museum Wayang dan museum Bank Indonesia dalam satu kompleks Batavia. Ga cuma jalan jalan, tapi kalian bisa juga dapet ilmu soal sejarah Indonesia. Di kawasan ini juga gw liat ada beberapa monumen ya, seperti Monumen Air Mancur, letaknya persis di depan museum Fatahillah. Jadi dulu abad ke 17, penduduk sekitar kalau mencari air bersih ya di Monumen ini, tapi sekarang ga bisa keluar air ya, karena hanya difungsikan sebagai monumen. Ada juga meriam Si Jagur yang terdapat di kawasan ini. Meriam yang ujungnya seperti ada jempol kejepit ini dibuat sejak jaman penjajahan Portugis ya gaes, jadi sudah ratusan tahun usianya.

Juga ada bekas jalur rel trem kuda yang ada di kawasan ini sejka tahun 1869 gaes, bekas rel trem ini dilindungi oleh kaca, dan berada tak jauh dari lokasi meriam Si Jagur.

Buah yang suka naik sepeda, ada loh penyewaan sepeda lengkap dengan topinya di kawasan ini. Gw sempat tanya tarifnya, sekitar 20 ribu rupiah untuk bersepeda di kawasan ini. Warna warni sepeda yang mencolok menambah semarak suasana wisata di kawasan ini.

Yang suka foto foto dan selfie, nah banyak banget spotnya loh, karena kawasan ini memang instagrammable banget. Kalian juga bisa berfoto di boot foto dengan berbagai macam karakter, seperti Noni Belanda, Bung Tomo dan masih banyak lagi. Ayo dipilih pilih kalian suka foto dengan karakter yang mana.

Ga terasa matahari sudah semakin tinggi gaes, suka semakin terik, dan gw sudah eksplore semua hal di kawasan ini. Saatnya gw balik rumah ya, tapi revitalisasi ini memang patut diacungi jempol sih, betul betul memanjakan wisatawan. Semoga yang berkunjung di Batavia juga harus memperhatikan kebersihan ya, kita jaga kawasan ini tetap lestari sampai nanti giliran anak cucu kita yang melihat Batavia.

Perjalanan gw di Batavia ini juga ada di channel youtube gw ya, gw bawa kalian jalan jalan, klik aja linknya di sini Kota Tua jadi Batavia

Ok gaes....travellers....segitu dulu jalan jalan gw kali ini di Batavia, sampai jumpa di jalan jalan berikutnya ya....

1 komentar untuk "Kota Tua Batavia, Riwayatmu Kini.."