Kesegaran Air Curug Love dan Curug Putri Kencana


     Hayoooo…siapa yang suka maen ke Curug atau Air Terjun. Bagi travellers yang suka pergi ke tempat-tempat menantang, tentu ke Curug jadi pengalaman menyenangkan ya. Karena lokasi Curug biasanya memang tersembunyi, jauh dari keramaian, dan untuk menuju ke sana biasanya butuh “effort” lebih yaa, setujukah travellers?

     Saya salah satu dr travellers yang suka banget explore tempat tempat baru, yukk kali ini saya ajak anda jalan jalan main ke Curug lagi, ngga Cuma 1 curug, tapi 2 curug sekaligus ya hehehe. Yaitu Curug Love di Desa Bantar Karet, dan Curug Putri Kencana yang berada di Desa Karang Tengah,  Bogor, Jawa Barat. 


    Kira kira apa yang harus anda siapkan untuk trekking kali ini? Kalau saya, yang utama adalah stamina, karena kita akan trekking menuju ke lokasi, jangan lupa makan untuk cadangan tenaga menuju ke lokasi. Selain itu baju dry fit, minuman, topi melindungi muka dari paparan sinar matahari, minuman dan tongkat untuk jaga keseimbangan saat melewati lokasi tanjakan atau turunan yang curam. Setelah semua siap, yukkk kita mulai trekking ke Curug Love dan Curug Kencana.

     

    Oh ya, ada beberapa alternatif menikmati trekking ke Curug ya, yang pertama langsung menuju ke lokasi, dan biaya masuknya pun cukup 20 ribu rupiah per orang, atau menggunakan jasa Guide yang bisa kita pilih. Nah saya memilih menggunakan jasa guide, karena ngga perlu khawatir lagi tersesat.


    Dari check poin awal, saya memulai perjalanan ke Curug Love sebagai destinasi pertama, ternyata trekking ke Curug Love ini salah satu yang paling bersahabat bagi pemula, karena tidak ada jalan setapak yang terjal dan curam, jadi dalam waktu kurang lebih setengah jam, saya hampir sampai ke lokasi. 

 

Hutan Bambu nan Eksotis

 


    Ada satu keunikan yang saya temui dalam perjalanan menuju ke Curug Love, saya melewati hutan bambu yang luas, konon bambu bambu ini tumbuh secara alami sejak jaman dahulu kala, masyarakat sekitarpun boleh dengan bebas mengambil bambu di Kawasan ini. Ada jalan setapak khusus yang dibuat diantara hutan bambu ini, sehingga suasana menjadi lebih estetik dan instagrammable. Pohon bambu yng tumbuh bergerombol dan terletak secara acak menambah keindahan Kawasan ini.

 

Curug Love




 

    Finally…saya sampai ke Curug Love, bebatuan besar seolah jadi gerbang memasuki Curug, batu terserak ini bisa jadi spot foto menarik, dengan latar belakang Curug Love yang indah. Dinginnya air curug langsung terasa di kulit, kesegaran tiada tara yang saya rasakan, setelah menempuh perjalanan yang cukup melelahkan. Bermain air yang jernih juga bisa jadi terapi bagi jiwa yang letih....hahaha. Tak terasa satu jam lamanya saya dan teman-teman bermain air, saatnya untuk melanjutkan perjalanan ke Curug Kencana.


Saung Makanan Kecil


    Puas bermain air, rasa laparpun menyergap. Sebelum melanjutkan perjalanan, ada saung milik warga lokal yang menjual makanan kecil, seperti pisang goreng, mendoan dan kelapa muda.

Makanan ini disajikan langsung dari penggorengan. Hmmm nikmat sekali ya, makanan ini. Energi pun seolah muncul lagi di raga, untuk berjalan lagi menuju ke destinasi kedua.


Curug Kencana



    Ada cerita lain dibalik keindahan curug Putri Kencana, yaitu legenda  seorang Putri Kencana yang konon tinggal di Curug, hingga saat ini masyarakat sekitar masih mempercayai keberadaan Sang Putri di Curug, beberapa warga lokal mengaku pernah melihat keberadaan Sang Putri. Itulah yang dituturkan guide saya sepanjang perjalanan. Saya percaya memang setiap tempat memiliki cerita sendiri. Dan sebagai travellers kita mengikuti aturan di setiap daerah yang dikunjungi.


    Sayup sayup terdengar suara gemericik air dari kejauhan. Rupanya tidak lama lagi saya akan sampai di Curug Putri Kencana. Posisi Curug ini agak menjorok ke bawah. Saya melewati jembatan bambu untuk menuju ke lokasi. Rupanya lebih banyak wisatawan berkunjung ke Curug ini, raut wajah gembira terpancar setelah mereka mandi, bermain air dan merasakan kesegaran air dari Curug Kencana.


    Sayapun larut dalam kegembiraan bermain menikmati keindahan alam ini. Air yang bersih, dingin, dan segar seolah menjadi obat dari rasa lelah perjalanan kali ini. Kebersihan inilah yang harus dijaga travellers setiap berkunjung ke sebuah destinasi wisata.


    Kesegaran air Curug Putri Kencana menjadi penutup perjalanan saya kali ini. Sungguh masih banyak tempat di indah di Nusantara ini yang menunggu untuk dikunjungi. Yukk Travelling lagi. 

 

 

 


 

1 komentar untuk "Kesegaran Air Curug Love dan Curug Putri Kencana"