Fun Treking ke Sentul, Jawa Barat


    Hai Travellers.....lagi lagi tanah air belum bebas dari pandemi ya, oleh karena itu kita wajib menjaga imunitas agar terbebas dari paparan virus Corona. Salah satu cara menjaga imunitas biar selalu fit yatu dengan berolahraga. Bermacam olah raga bisa dilakukan ya, baik di dalam ruangan ataupun di luar ruangan. Nah kali ini cobain fun treking yuk. 

    Fun treking kini jadi salah satu pilihan untuk tetap fit yaa, dan asyiknya lagi kita juga bisa berwisata sekaligus. Kali ini saya memilih fun treking di Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Serunya lagi nih, ada sejumlah paket wisata menarik yang ditawarkan oleh agen wisata di daerah Sentul, paket wisata ini termasuk makanan, dan guide. Agen wisata ini adalah referensi adik saya, yang sudah lebih dulu mencoba. Ada beberapa paket yang ditawarkan. Nah saya ikut salah satu paket yang dikhususkan untuk pemula. Dengan membayar 175 ribu rupiah, saya sudah mendapatkan paket makanan dan guide.


    Saat treking pun tiba, jangan lupa persiapkan peralatan sendiri ya, dari mulai pakaian yang dry fit, topi, hingga tas pinggang untuk membawa ponsel dan uang secukupnya. Ngga sabar rasanya ingin mencoba fun treking ini. Saya dan 3 orang lain pun meluncur ke kawasan Sentul, Jawa Barat. Kawasan ini memang berkembang menjadi kawasan hunian sekaligus tempat wisata ya travellers, karena memiliki kontur daerah yang berbukit dan hawa yang sejuk, maklum sudah masuk Bogor hehehe. Melalui jalan yang pas untuk 2 mobil berpapasan, dengan tanjakan dan turunan akhirnya saya dan rombongan sampai di base camp nya. 

  Oh yaa buat yang mau tahu nama tempatnya, cek di Instagram ya @omahkembangndeso. Base camp ini berbetuk sebuah rumah makan kecil, yang berada tepat di pinggir sawah. jadi bener bener dapet viewnya, saat sawah menghijau. Saya dan rombongan memesan makanan kecil dan minuman yang akan kami santap usai fun treking. Jangan lupa foto foto dulu di atas restoran mungil ini ya, foto dengan latar belakang hutan dan sawah yang menghijau.

    Sudah siap!!! Yes fun treking pun dimulai, kami berdoa dulu sebelum berangkat, supaya semua enjoy dan selamat. Tidak lupa kami dibekali tongkat sebagai alat pembantu. Bersama guide lokal, perjalananpun terasa menyenangkan, karena suasana pagi hari dengan udara yang segar khas kawasan Bogor. Oh ya rute yang akan ditempuh berjarak sekitar 4 kilometer menuju ke Goa Garunggang. 



    Bersama Guide, kami diarahkan untuk berjalan melewati persawahan dengan kontur bervariasi, dari yang menurun hingga menanjak, lumayan menguras tenaga juga. Baru saja dimulai sepatu yang saya pakai sudah belepotan lumpur, karena malam sebelumnya hujan deras. Sensasi bau tanah yang basah karena hujan, berpadu dengan udara segar pagi hari menjadi bumbu treking yang tidak terlupakan travellers. Baru kali ini saya menjelajah kawasan pedalaman Sentul, sebelumnya hanya ke kawasan Perumahan Sentul atau ke AEON mall :). 

    Di sepanjang perjalanan tidak lupa kami berfoto, mengabadikan setiap momen perjalanan yang seru dan menguras stamina ini. Saya juga bertemu dengan petani setempat yang sedang menjaga sawahnya jelang panen. Melewati sungai dengan air jernih dan bebatuan alam, dan menaiki bukit lagi. Bagi yang terbiasa berolah raga tentu fun treking ini jadi hal yang biasa, namun bagi yang belum biasa berolah raga tidak perlu memaksakan diri untuk berjalan cepat, just enjoy the momen. Ada beberapa pos pos istirahat bagi travellers dengan penduduk lokal yang menyajikan sejumlah makanan dan minuman.



    Setelah kurang lebih perjalanan santai selama 2 jam, akhirnya saya sampai di kawasan Goa Garunggang, kawasan ini memiliki kontur yang sangat unik, dengan bebatuan yang tersusun seperti kue lapis legit, dan membentuk labirin labirin yang bisa dimasuki oleh travellers karena ukurannya yang lumayan lebar. Saya cukup terkejut juga karena ada lokasi wisata seindah ini di lokasi yang tidak begitu jauh dari rumah. Suasana kawasan Goa Garunggang dan bebatuannya sudah cukup membuat saya dan rombongan puas. Kami memutuskan untuk tidak masuk ke lokasi Goa Garunggang yang berada di bawah, dengan pertimbangan tertentu.

    Puas berfoto, saya dan rombongan pun melanjutkan perjalanan pulang dengan rute lain. Wah pengalaman tak terlupakan berwisata, fun treking ke kawasan Goa Garunggang. Sesampainya di basecamp, kudapan yang kami pesan, seperti bakso malang, mendoan goreng, dan minuman kelapa segar sudah menanti.

Bagaimana Travellers, siap fun treking ke kawasan Sentul? Dijamin bakalan nagih hehehe.    











1 komentar untuk "Fun Treking ke Sentul, Jawa Barat"