Wisata Pinggir Kali ala Cimory Riverside


       Berlibur saat pandemi? Siapa takut ya travellers……..asal tetap memperhatikan protokol Kesehatan dan syarat syarat yang sudah diatur oleh pemerintah pusat atau pemerintah daerah. Usahakan juga berwisata saat week day atau hari kerja, kalian bisa ambil cuti khusus untuk berwisata dan menghindari kerumunan orang yang kerap terjadi saat week end. Banyak juga yang masih Work From Home, di sela sela bekerja di rumah bisa tuh menyempatkan diri ke tempat wisata. 

    Memang saat ini travelling ke tempat yang jauh belum dianjurkan ya, makanya saya berpikir….hmm ke mana ya? Wisata yang tidak terlalu jauhh dari Ibu Kota Jakarta, dan sifatnya one stop visit, jadi satu tempat, tapi kita bisa melihat banyak hal.

Perjalanan ke Cimory Riverside

    Akhirnya ide pun muncul nih, gimana kalau travelling ke Cimory Riverside yang ada di jalan raya Puncak, Gadog, kecamatan Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Nahh lengkap alamatnya ya travellers…hehehe. Saya pun langsung googling dan mencari tahu apakah tempat ini buka, kalau buka sampai jam berapa dan yang paling penting syarat apa saja yang harus dipenuhi untuk bisa ke sana, terkait dengan kebijakan pemerintah daerah setempat. Ini penting diketahui ya travellers, jadi jangan sampai kita tidak memenuhi syarat syarat tersebut hingga menyebabkan kita tidak bisa menuju ke Kawasan wisata yang kita tuju.

    Seperti saat saya menulis artikel ini, salah satu syaratnya adalah membawa surat rapid tes antigen. Hmmm untung setiap bulan kantor tempat saya bekerja selalu mengadakan tes antigen bagi para karyawannya untuk memantau Covid-19. Untuk travellers lain bisa juga melakukan tes rapid antigen ya, demi keselamatan kita dan orang lain.

    Setelah semua siap, saya bersama 5 orang teman lainnya menuju ke Cimory Riverside, nah lebih baik jika kita ke arah puncak saat weekday ya, atau pas hari kerja. Jadi bebas dari macet dan kita bisa bener bener menikmati pemandangan dan suasana di sana dengan lebih menyenangkan. Perjalanan hari itu sangat menyenangkan, karena cuaca cerah, tidak mendung, pepohonan di pinggir tol yang kehijauan pun seolah menyambut kami untuk segera sampai ke tujuan.

    Cimory Riverside ada di sebelah kanan, kalau kita dari arah Jakarta. Dan akhirnya kami sampai di Kawasan kuliner dan wisata ini. Pengunjung dimanjakan dengan parkir kendaraan yang luas, jadi jangan khawatir tidak mendapatkan parkir.

Sentra Kuliner



    Masuk ke Kawasan tempat wisata ini, pengunjung dipersilahkan untuk memilih tempat duduk yang telah disediakan. Saya dan teman teman memilih tempat duduk yang letaknya di teras, dengan udara terbuka dan segar khas pegunungan. Keindahan tempat ini semakin terasa dengan pemandangan sungai di samping restoran. Pinggir sungai sepanjang kurang lebih 300 meter ini telah ditata apik oleh pengelola, sehingga menambah keindahan pemandangan. Inilah keunggulan cimory riverside. Menjual pemandangan sungai yang indah. 

    Puas berfoto foto di teras, saatnya memesan makanan. Pengunjung memiliki banyak pilihan menu makanan. Saya memilih beberapa menu andalan, Indonesian Favorites, seperti dori asam manis, iga bakar dan beberapa menu lain yang mengundang selera. Ada juga menu khas barat, seperti aneka burger dan spaghetti, ataupun menu makanan ringan dari lumpia hingga kentang. Untuk minuman, cimory terkenal dengan susu segarnya ya, beragam menu pilihan berbahan dasar susu bisa dipilih travellers. 

    Ahhh happy tummy, perut kami dimanjakan makanan lezat sekaligus pemandangan indah. Waktu seoralh berkalan cepat di tempat ini, karena saya menikmati setiap menitnya.

Kebun binatang

    Puas berbincang dan menikmati kuliner, saya pun menikmati wahana lain di Kawasan ini, ada berbagai macam wahana ya yang bisa dipilih travellers. Setiap wahana ada tiket masuknya. Tenang…harga tiketnya sangat terjangkau kok. Sengaja tidak saya sebut di artikel ini, karena tiket masuk wahana bisa berubah sewaktu waktu, sesuai dengan kebijakan pengelola. Nih wahana yang bisa dikunjungi…

1.     Monster Aquarium (Aquarium Raksasa)

Ada ragam jenis ikan laut yang unik ditampilkan dalam aquarium panjang.


2.     Cimory River Walk / Hutan Cimory

    Hutan buatan di seberang sungai restoran utama. Wisatawan akan melewati jembatan dengan hutan pinus yang masih asli. Ada juga beberapa satwa seperti rusa, beragam jenis burung dan ayam hutan, iguana, monyet, hingga di ujung hutan akan menjumpai kandang sapi perah yang digunakan untuk produksi susu dan yoghurt Cimory.

3.     Museum 3D

    Museum 3D Cimory Riverside merupakan spot Selfie terbesar di Puncak, dengan 50 koleksi spot foto. Jadi, wisatawan dapat dengan puas berfoto dilokasi ini.

     Saya memilih untuk ke hutan cimory, di sini ada berbagai satwa dan kita bisa berinteraksi dengan mereka, seperti memberi makan rusa dengan wortel yang telah disediakan. Tidak hanya sekedar berwisata, kita bisa berjalan di sekitar hutan, menikmati pemadangan dan menghirup udara segar khas pegunungan. 

    Suasana yang tidak bisa saya rasakan di ibu kota hehehehe. Jangan khawatir kehabisan spot selfie, karena menurut saya pribadi, selain spot selfie yang sudah disediakan oleh pengelola, setiap meter Kawasan hutan ini bisa dijadikan tempat berfoto.



    Karena Kawasan ini ditata dengan apik dan dijamin kebersihannya. Saya bahkan tidak menemukan sampah yang berserak di Kawasan ini, karena ada petugas yang selalu sigap untuk membersihkan Kawasan ini. Imbauan untuk travellers upaya selalu menjaga kebersihan dimanapun ya, termasuk di hutan Cimory ini.

    Puas berbelanja, jangan lupa membeli oleh oleh khas cimory, ada banyak buah tangan yang bisa dibawa pulang, mulai dari makanan hingga merchandise khas cimory. Well travellers tempat ini bisa menjadi tujuan wisata kalian. Terutama warga Jakarta dan sekitarnya yang ingin menikmati sensasi makanan lezat dan segarnya udara pegunungan. 

    Wisata saat pandemic memang berbeda dengan saat sebelum pandemic ya travellers, pemilihan tempat yang tidak terlalu jauh dengan tempat kita tinggal bisa menjadi pilihan. Jangan lupa untuk selalu mematuhi protocol Kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Bawa masker, dan hand sanitizer selalu. Agar Covid-19 jauh jauh dari kita ya hehehe. 

Happy travelling........


Posting Komentar untuk "Wisata Pinggir Kali ala Cimory Riverside"