Pulau Maratua, Maldives nya Indonesia


    Hai hai travellers….apa kabarnya? Semoga selalu dalam keadaan sehat ya, walau kita masih menghadapi masa pandemi Covid-19 yang hingga saat saya menulis artikel ini belum juga usai. Yang penting selalu patuhi protokol kesehatan agar tidak terpapar virus.

    Sembari menunggu saat saat kita bisa kembali berwisata ke tempat tempat indah di muka bumi ini, saya akan flash back ke beberapa perjalanan saya ke tempai eksotis di Indonesia.

    Tahun 2019 lalu, sekitar bulan September, kantor tempat saya bekerja mendapatkan undangan dari AIRNAV INDONESIA  untuk meliput kehidupan Penjaga Menara Air Traffic Control Bandara Maratua yang mengendalikan laju pesawat, baik take off, selama di udara, maupun saat landing di Pulau Maratua, Kalimantan Timur.

    Selain meliput kehidupan para Penjaga Menara ATC  di Pulau Maratua, ngga boleh ketinggalan eksplor wisatanya yaa, karena konon kabarnya, pemandangan di Pulau Maratua ini sangat indah.

Perjalanan ke Pulau Maratua

    Perjalanan kami mulai dari Bandara Soekarno Hatta, Banten. Dengan menggunakan maskapai Garuda Indonesia, akhirnya kami sampai di Bandara Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur. Di sini rombongan kami transit selama kurang lebih satu jam, untuk kemudian berangkat menuju Bandara Maratua, yang letaknya tentu di Pulau Maratua hehehe.

    Saya agak lupa memakai pesawat jenis apa, tapi kita menggunakan pesawat kecil dari maskapai Susi Air milik Susi Pudjiastuti, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan. Perjalananpun kami tempuh kurang dari satu jam, dan akhirnya sampai juga di Pulau Maratua.

    Anyway, terimakasih kepada penerbangan perintis seperti Susi Air ya, karena bisa menjangkau daerah daerah terpencil dengan waktu singkat, dan tentunya kepada pemerintah Indonesia yaa, yang sudah membangun bandara perintis seperti di pulau Maratua, agar ekonomi masyarakat lokal juga menggeliat.

Keindahan Pulau Maratua

    Pulau Maratua merupakan salah satu pulau terluar di Indonesia, yang terletak di  kabupaten Berau, provinsi Kalimantan Timur  dan berbatasan langsung dengan Negara Malaysia.  Pulau Maratua termasuk dalam gugusan Kepulauan Derawan.

    

Saya pun sempat bertanya tanya, kenapa pulau ini diberi Maratua, ternyata tersembunyi mitos dibalik namanya, Maratua berasal dari sebuah mitos tentang kisah pernikahan. Dua keluarga yang akan melangsungkan pernikahan berkumpul di sebuah kapal. Karena tinggal di pulau berbeda, acara pernikahan berlangsung di Pulau Panjang.

    Saat dalam perjalanan terjadi badai laut yang disertai angin kencang, sehingga kapal terombang ambing. Akibatnya kapal pun terdorong ke karang dan pecah, semua penumpang tenggelam.

    Semua anggota keluarga tersebut menjadi pulau, anak perempuan menjadi Pulau Derawan dalam bahasa lokal artinya perawan, ibu menjadi Pulau Semama ( mama ) dan kakaknya berubah menjadi Pulau Kakaban ( kakak ). Dari pihak laki laki menjadi Pulau Sangalaki dan calon mertua perempuan menjadi Pulau Maratua. Hmm mitos yang unik yaa, ternyata gugusan pulau Derawan ini menurut mitos mempunyai hubungan keluarga.

    Setelah mendarat di pulau Maratua, kesan pertama yang saya rasakan saat itu adalah bandara yang bersih dan nyaman. Walau hanya ada 2 hari penerbangan di bandara ini setiap minggunya. Kebersihan tetap dijaga, kebanyakan yang dating ke kawasan wisata ini adalah wisatawan mancanegara loh, daripada wisatawan local. Itu yang saya amati saat sejumlah penumpang turun dari pesawat untuk menikmati pesona Maratua.

    Di Bandara inipun saya mengenal sosok tangguh penjaga Menara Air Traffic Control, bernama Dayat dan Oriz. Mereka yang bertanggung jawab penuh atas kelancaran lalu lintas udara di sini. Tim saya memotret kehidupan para penjaga Menara Air Traffic Control. Dari mulai mereka beraktivitas di Menara hingga kegiatan mereka di rumah. Dua orang pegawai AIRNAV INDONESIA ini ditempatkan di kawasan terpencil, dan berjauhan dengan keluarga mereka.

    Oh ya wisatawan yang berkunjung ke pulau ini bisa menyewa mobil ya, untuk transportasi di pulau. Walau tidak terlalu luas, ada banyak hal yang bisa kita temukan di Pulau Maratua.

Maratua, Maldivesnya Indonesia

Keindahan pulau Maratua tidak diragukan lagi, banyak orang menyebutnya sebagai Maldivesnya Indonesia. Ngga perlu jauh jauh ke Maldives, karena di Indonesia ada pulau yang memiliki keindahan pemandangan tidak kalah dengan Maldives.


Resort di Maratua

    Rombongan kamipun menginap di Maratua Paradise Resort. Kawasan ini berupa cottage cottage tersendiri, yang sangat mengagungkan privacy ya travellers, cocok untuk yang lagi bulan madu hehehe. Rumah panggung yang terbuat dari kayu dengan desain ruangan kembali ke alam, tapi jangan kuatir karena tetap ada pendingin, untuk yang tidak ingin kepanasan.

    Tepat di depan kamar saya, terhampar pantai pasir putih yang sangat indah dan masih alami. Dari kamar saya, terlihat gradasi laut, dari yang berwarna biru muda hingga biru tua yang menandakan laut semakin dalam. Karena masih alami, saat air mendekati bibir pantai anda akan melihat ikan ikan laut berwarna warni yang sangat indah. 

    Bahkan saya melihat penyu berenang di tepi pantai, entah akan bertelur atau hanya singgah sejenak. Pemandangan yang tidak akan terlupakan dan terus terngiang di benak saya hingga saat ini.


    Resort ini sangat menjual pemandangan laut, sehingga restoran pun terletak agak menjorok ke laut. Saya berjalan kurang lebih 100 melewati jembatan kayu, menuju ke restoran. Di sini sambil menikmati makanan, travellers bisa menikmati pemandangan laut yang biru dan masih sangat bersih. Makanan yang disajikan berupa seafood yg diolah berbagai macam makanan yang menggugah selera.

    Di resort ini kita juga bisa snorkeling ya travellers, ada dermaga kecil yang dibuat khusus untuk wisatawan yang ingin berkeliling menggunakan perahu sekaligus snorkeling. Pengelola resort menyewakan google untuk wisatawan dengan harga sewa yang sangat terjangkau. Ada juga pakan untuk ikan, jadi saat snorkeling ikan ikan laut akan berada di sekitar makanan, dan kita bisa berfoto bersama ikan.

    Saat berada di bawah air, pemandangan saat indah. Air lautpun terlihat sangat jernih bak kaca tembus pandang berwarna kebiruan.  Wahh seru ya travellers. Dari maratuua paradise resort saja, wisatawan sudah bisa menikmati pemandangan alam dan laut yang mengagumkan.

    Bagaimana travellers, pasti ngga sabar untuk menikmati keindahan Pulau Maratua. Masukkan wisata Pulau Maratua dalam bucket list anda. Cheers

 

 


Posting Komentar untuk "Pulau Maratua, Maldives nya Indonesia "