Yuk Travelling ke Pantai Parangtritis




Kawasan wisata ini boleh dibilang salah satu dari beberapa wisata legendaris yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta, yaitu pantai Parangtritis. Pantai ini berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Yogyakarta, dan dapat ditempuh sekitar 50 menit perjalanan. Tidak terlalu jauh ya travellers.

Terletak di Kabupaten Bantul, pantai Parangtritis terus bersolek untuk menarik wisatawan lokal maupun mancanegara. Memasuki Pantai ini anda akan disambut dengan sebuah tulisan Pantai Parangtritis, banyak wisatawan yang berfoto selfie dengan latar belakang tulisan ini. 



bagi yang suka kuliner, ada sejumlah pedagang yang menjual makanan ringan khas pantai ini, seperti keripik jingking, yaitu sejenis binatang kecil yang hidup di pasir pantai, undur undur laut goreng dan masih banyak lagi makanan khas yang mengundang selera.



Nah selanjutnya travellers bisa langsung menikmati panorama pantai parangtritis ini,  memiliki pantai yang luas, Parangtritis menawarkan berbagai fasilitas untuk travellers, seperti ATV yang bisa digunakan untuk mengelilingi pantai, naik kuda dan delman juga bisa menjadi pengalaman menyenangkan, jangan kuatir akan keselamatan karena anda akan ditemani oleh pemilik kuda. Aktivitas olahraga juga bisa dilakukan di pantai ini ya, seperti lari atau bermian sepakbola di pasir. Kalau travellers tidak ingin beraktivitas yang terlalu berlebihan, bisa bermain ombak di pinggir pantai, membuat istana pasir, bermain layangan atau sekedar duduk duduk di bawah payung besar beralas tikar yang banyak disewakan oleh warga. Travellers bisa berlama lama di pantai ini hingga matahari terbenam sambil menikmati sunset di pantai Parangtritis yang indah.


Ada satu hal yang tidak bisa dilepaskan dari pantai Parangtritis, dan sangat terkenal di kalangan wisatawan, yaitu legenda penguasa laut selatan, Ratu Kidul. Di Pantai Parangtritis dipercaya oleh sebagian warga Yogyakarta terdapat Kerajaan yang dipimpin oleh Ratu Kidul. Disarankan apabila ingin berwisata ke pantai ini tidak menggunakan baju berwarna hijau karena dapat ditarik masuk ke laut oleh penguasa laut selatan.
Legenda ini berkembang tidak terlepas dari keberadaan kerajaan Mataram yang sekarang  turunannya adalah Keraton Yogyakarta tidak bisa dilepaskan oleh Nyi Roro Kidul. Menurut  cerita yang berkembang di masyarakat pada jaman dahulu Panembahan Senopati sebagai raja Mataram Islam yang pertama melakukan pernikahan dengan Nyi Roro Kidul sebagai penguasa laut selatan. Hal ini tidak biasa karena mereka berasal dari dua dunia yang berbeda. Hal tersebut dimaksudkan untuk menjaga wilayah sekitar Jawa tetap aman dari segala ancaman dan rintangan yang berbahaya.
Kearifan lokal inilah yang membuat Pantai Parangtritis terkenal hingga mancanegara, terlepas dari legenda Ratu Kidul yang hingga saat ini masih dipercaya oleh sebagian masyarakat Yogyakarta, Pantai Parangtritis tetap menjadi primadona Travellers yang berwisata ke Yogyakarta. 
Yuk Travelling ke Pantai Parangtritis.


2 komentar untuk "Yuk Travelling ke Pantai Parangtritis"

Comment Author Avatar
Before leaving, it is also crucial to make sure you know how much money you have and what you can afford to spend. As much as possible, you should always pay in cash while you are travelling, as there may be places that only accept cash.Keystone RV dealer in mo
Comment Author Avatar
A significant mechanical development that permits this union pattern to prosper is the presentation of satellite ticket printers (STPs). https://europa-road.eu/