Puteri Pariwisata Nias



Pariwisata adalah berbagai macam kegiatan wisata dan didukung berbagai fasilitas serta pelayanan yang disediakan oleh masyarakat, pengusaha, pemerintah, dan pemerintah daerah. Apabila ada orang yang melakukan kegiatan wisata di wilayah itu, berarti orang tersebut disebut wisatawan. Mengapa wisatawan ini melakukan kegiatan wisata? Karena di daerah itu telah tersedia banyak daya tarik wisata seperti keunikan daerah itu, dan adanya suatu nilai yang bisa ditemukan pada kekayaan alamnya, budayanya, dan hasil dari kerajinan masyarakat setempat, yang kesemuanya itu dapat mendorong wisatawan mau berkunjung di destinasi wisata tersebut.

Berkaitan dengan adanya destinasi wisata di suatu daerah itu, salah satu kegiatan yang dilakukan pemerintah daerah di wilayah itu, yaitu mengadakan kegiatan Pemilihan Putri Pariwsata, sebagai upaya untuk membangun suatu nilai pada daerah itu. Apa nilai yang diharapkan dan yang bisa dikembangkan dari pemilihan putri pariwisata itu? Diharapkan bisa menggali dan ditemukan sebuah budaya yang sudah ada dan berkembang di daerah itu, sejak dari nenek moyang (leluhur) dahulu dan bisa dipertahankan dengan baik di daerah itu sampai masa reformasi ini.

Inilah sebuah keunikan yang dapat ditemukan di suatu daerah, sehingga orang yang bertempat tinggal jauh dari destinasi wisata itu, berlomba-lomba untuk melihat budaya leluhur yang unik itu, di daerah yang sangat patuh pada budayanya. Apa yang didapatkan wisatawan? Memahami logat dan kelucuan dari bahasa daerah, keseniannya, sistem religinya, mata pencahariannya, peralatan hidup dan teknologinya, sistem kemasyarakatnya, dan lain-lain. Dengan demikian, sebagian budaya yang dimiliki suatu daerah dapat dipelihara dengan baik, tanpa dipengaruhi oleh budaya dari luar.

Pemilihan putri pariwisata yang banyak dilakukan di daerah, semata-mata untuk memulai kegiatan dalam bidang pariwisata yang banyak berkaitan dengan promosi pariwisata daerah itu. Untuk itu maka pada kegiatan pemilihan putri pariwisata akan dilakukan seleksi dalam beberapa hal, yang pada intinya memiliki wawasan pariwisata di Indonesia, termasuk wawasan pariwisata di daerahnya. Tes lain lagi, yaitu mampu berbicara di depan umum dan memukau, bahasa inggeris, ketrampilan yang dimiliki, bahasa tubuh yang ditampilkan, dan gambaran tes lain yang dipandang relevan.

Sebagai putri pariwisata yang terpilih, tentu dapat menjadi garda terdepan untuk menjadi pelopor pemuda-pemudi di daerahnya, dalam hal mengangkat dan melestarikan nilai luhur dari seni budaya yang telah dimiliki. Selain itu, dapat bertindak sebagai penampil baik dari budaya yang telah dimiliki daerah itu, termasuk tumbuhnya ide-ide kreatif untuk ikut memasyarakatkan pariwisata daerah. Hal lain lagi yang menjadi tugasnya, antara lain menjadi duta wisata di daerahnya, ikut mempromosikan destinasi wisata yang telah dan akan dimiliki daerah itu, menjunjungtinggi nilai dan seni budaya, serta menjunjungtinggi kearifan lokal yang terdapat di daerah itu secara berkelanjutan.
Selanjutnya tugas lain yang tidak kalah penting yaitu mesosialisasikan dan memasyarakatkan sapta pesona, menjaga dan melestarikan daya tarik pariwisata, serta ikut mencegah terjadinya pencemaran dan kerusakan lingkungan pada destinasi wisata yang dimiliki daerah. Oleh karena itu, tugas seorang putri pariwisata sangat diharapkan dapat melakukan berbagai hal seperti yang telah disebutkan di atas.

Berkaitan dengan salah satu harapan dari Dinas Pariwisata dan Bupati Kepala Daerah untuk ikut mempromosikan pariwisata di daerahnya, maka diharapkan aktif untuk bertindak sebagai pelaksana kegiatan hubungan masyarakat (Humas) dari daerah itu untuk terus mempopulerkan berbagai destinasi wisata yang dimiliki. Bisa seperti kekayaan alam, kuliner khas daerah, hasil-hasil kerajinan yang dimiliki, seni dan budaya yang dimiliki, serta pantai-pantai yang terindah.

Untuk diketahui bersama bahwa wisatawan yang melakukan perjalanan wisata, banyak dipengaruhi dengan telah tersedianya berbagai kebutuhan wisatawan yang dapat memenuhi banyak hal, seperti mampu menyenangkan mata wisatawan (melihat laut dan gunung, atraksi wisata), menyenangkan perut (kuliner), menyenangkan hati (belanja), dan menyenangkan pikiran mereka setelah melakukan kegiatan wisata. Untuk itu maka sangat diharapkan pemerintah daerah dapat dibantu pemikirannya oleh putri pariwisata yang sudah terpilih itu, untuk memberikan ide-ide kreatif dalam mendorong destinasi wisata yang semakin menarik bagi wisatawan, yang didukung oleh masyarakat daerah.

Dapatkah menjadi pemberi ide kreatif dalam membangun pariwisata di daerah? Seyogyanya bisa diharapkan demikian, karena sudah memiliki peran dalam hidupnya sebagai duta wisata, yang sudah memiliki wawasan pariwisata secara nasional dan wawasan pariwisata daerah. Kepemilikan nama sebagai duta wisata sebuah daerah, tentu mengisi berbagai kegiatannya yang banyak berhubungan dengan pariwisata. Berkenaan dengan hal itu, maka kepada pengambil keputusan berusaha mendorong agar yang bersangkutan turut aktif untuk mendalami profesi barunya sebagai spesialisasi di bidang promosi pariwisata.

Berkaitan dengan kegiatan promosi yang akan dilakukan oleh putri pariwisata, maka diharapkan dapat menguasai mengenai bauran promosi. Bauran promosi itu bisa dilakukan dalam hal kegiatan kontes, pameran, dan demo berbagai hal kepada wisatawan seperti pembuatan kerajinan, cara menyediakan masakan kuliner, cara membunyikan alat kesenian, dan cara memahami budaya leluhur. Bentuk promosi lain, seperti pembuatan dan pemasangan iklan destinasi wisata di media cetak/media elektronik, serta pembuatan brosur dan leaflet. Bisa juga memberi presentasi destinasi wisata yang dimiliki, dan aktif dalam berbagai event pariwisata serta menangani majalah pariwisata daerah. Setelah itu, aktif juga melakukan promosi destinasi wisata daerah melalui media sosial seperti facebook, whatsapp, instagram, dan media internet lainnya.

Sungguh berat menyandang nama putri pariwisata, karena itu seyogyanya perlu dilakukan penanganan yang semakin baik dari tahun ke tahun, agar bisa mendapatkan putri pariwisata yang handal dan bermanfaat pada pembangunan dan pengembangan pariwisata daerah ke depan. Untuk itu, pada pelaksanaan pemilihan putri pariwisata daerah ke depan, diharapkan pelaksanaannya dititikberatkan pada topik khusus yaitu pengetahuan yang mendalam di bidang pariwisata dan promosi pariwisata.

Penulis : Manahati Zebua


Posting Komentar untuk "Puteri Pariwisata Nias"