List Tempat Wisata di Pulau Simeulue



Yuk jalan jalan ke pulau Simelulu Travellers. Pulau ini terletak di barat Sumatera dan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Pulau Simeulue merupakan pulau terbesar dari gugusan 41 pulau di kawasan ini, dengan panjang hingga 100 kilometer dan luas mencapai 199.502 hektar. Pulau Simeulue termasuk salah satu kabupaten di provinsi Aceh, dengan Ibukota Kabupaten berada di Sinabang.

Oh yaaa….untuk menuju ke pulau Simeulue bisa ditempuh dengan menggunakan 2 akses yaitu melalui udara dan laut. Melalui udara bisa ditempuh dari bandara Kuala Namu, Medan menuju ke bandara Lasikin dengan waktu tempuh 1 jam perjalanan. Saat ini Simeulue lebih mudah dijangkau karena sudah tersedia penerbangan reguler setiap hari. Sementara jika menempuh perjalanan melalui laut bisa berangkat dari pelabuhan Singkil atau Labuhan Haji, Aceh menuju ke Sinabang, Simeulue dengan waktu tempuh 8 jam perjalanan menggunakan kapal feri lambat. Pulau simeulue kini tak lagi terisolasi karena akses masuk maupun keluar pulau yang mudah.

Nah sekarang apa aja yng bisa dinikmati travellers saat berada di pulau Simeulue. Ini dia list nya

Melihat kehidupan nelayan di pantai lasikin

Travellers….pulau Simeulue kaya akan akan potensi laut. Ikan menjadi andalan dan sumber penghidupan nelayan. Sebuah pemandangan yang mempesona tercipta, tatkala melihat nelayan Simeulue beramai ramai menarik jaring pukat di pantai Lasikin. Jaring pukat adalah teknik menangkap ikan dengan jaring yang dibentangkan sehingga hasil tangkapannya lebih besar daripada memancing. Hasil tangkapan kali ini begitu melimpah. Ikan yang terjaring dalam pukat begitu banyak. Warga pun beramai ramai membeli ikan. Ikan yang berhasil ditangkap inipun begitu saja ditaruh bercampur pasir pantai. Proses jual beli langsung terjadi antara warga dan nelayan. Harga yang ditawarkan pun sangat murah. Setiap onggok ikan yang telah dikelompokkkan di tepi pantai ditawarkan dengan harga 5 ribu hingga 10 ribu rupiah. Mau ikut menawar ikan? Hehehehe.

Berkunjung ke budidaya lobster andalan pulau Simeulue


Selain menangkap ikan di laut, usaha penangkaran lobster juga menjadi andalan daerah ini. Lobster yang dibudidayakan adalah lobster yang ditangkap nelayan di laut. Di penangkaran ini terdapat lebih kurang 300 lobster yang dibudidayakan mulai dari baby losbter hingga losbter yang siap dijual. Setelah lobster terkumpul 100 hingga 150 kilogram, losbter akan dikirim melalui kapal ke Meulaboh, Aceh kemudian dikirimkan lagi ke Jakarta. Nah travellers bisa mencoba lobster dari Simeulue ya, rasanya dijamin uenaaak.

Penangkaran ikan tuna dan ikan kerapu yang memiliki kandungan proten tinggi

Setiap hari nelayan memberikan makan daging ikan segar kepada tuna dan kerapu. Pemberian daging ikan segar dilakukan agar kadar protein pada ikan budidaya tetap tinggi sehingga lezat saat dimasak. Tuna dan kerapu di penangkaran ini tumbuh lebih cepat daripada tempat penangkaran di pulau lain. Hal ini disebabkan kadar garam di pulau Simeulue termasuk dalam kategori sedang sehingga membuat tuna dan kerapu lebih cepat dalam bereproduksi dan mencerna makanan.

Profesi Unik Penembak ikan dari pulau Simeulue


Kalau travellers beruntung, bisa bertemu dengan penembak ikan yang ada di Simeulue. Namun profesi ini sangat tergantung dari cuaca. Penembak ikan tidak berani untuk berenang ke tengah laut saat ombak tinggi dan memilih berenang tidak  jauh dari pantai saat menembak ikan. Saat perairan tenang dan ombak tidak tinggi, penembak ikan bisa mendapatkan hasil hingga 10 kilogram ikan.

Kearifan lokal pulau simeulue dalam Tugu Smong

Pulau simeulue terkenal akan kearifan lokalnya. Tugu smong di Simeulue Timur ini menjadi buktinya. Alkisah masyarakat simeulue memiliki smong, cerita turun temurun dari leluhur masyarakat Simeulue tentang peringatan dini tsunami. Smong menyelamatkan ribuan warga Simeulue ketika tsunami terjadi tahun 2004. Nah Tugu Smong jadi spot wajib travellers untuk berfoto selfie ya.

Kesenian Nandong, seni tutur dalam kebudayaan Simeulue


 Bisa juga melihat kesenian ini ya travellers. Cerita smong sangat kuat mengakar dalam kesenian Nandong. Nandong dalam masyarakat Simeulue adalah media mengungkapkan perasaan termasuk dalam seni tutur yang telah lama mengakar dalam kebudayaan Simeulue. Kesenian nandong ini sudah ada di pulau Simeulue sejak tahun 1907. Nandong adalah pantun mengisahkan tentang kehidupan manusia masa lalu, sekarang dan yang akan datang. Nandong juga berkisah tentang smong dan dimainkan oleh dua orang atau lebih diiringi gesekan biola dan pukulan gendang yang ditabuh di sela-sela syair dilantunkan. Musik nandong bernada lirih dan penyanyinya bersuara menjerit meratap ratap. Syair yang dilantunkan punya kekhasan tersendiri karena bertingkat dimulai dari pantun, serak,  samba, rantau kasih dan izin.

 Keunikan pantai pasir merah di desa Putra Jaya


Simeulue terkenal juga akan keindahan pantainya. Salah satu yang unik adalah pantai Pasir Merah. Sesuai namanya pantai ini memiliki pasir berwarna merah muda. Pantai Pasir Merah terletak di desa Putra Jaya kecamatan Simeulue Tengah. Hingga saat ini belum diketahui asal muasal dari warna pasir merah yang cantik ini. Namun ada pecahan karang berwarna merah yang sudah mati dan banyak ditemukan di pantai ini. Belum banyak wisatawan yang mengetahui keindahan pantai pasir merah. pantai ini masih sepi pengunjung. Wah ujangan sampai terlewat menikmati keindahan pasir pantai merah ya travellers.
  
Pantai matanurung idola peselancar dunia

Bagi yang suka surfing alias selancar, harus cobain pantai Matanurung di desa Matanurung. Pantai karang ini menjadi idola bagi para peselancar dunia dengan ombak yang mencapai ketinggian 5 meter. Berbatasan dengan Samudera Hindia, pantai ini menawarkan panorama indah berupa pasir putih dan karang dan pepohonan kelapa di tepi pantai. Namun untuk bermain selancar ketepatan waktu menjadi sebuah keharusan. Bulan Januari dan Desember bukanlah waktu yang tepat untuk berselancar karena cuaca buruk. Sementara bulan Mei hingga September merupakan waktu yang tepat untuk berselancar.

Nah…travellers itu tadi list yang bisa kamu datangi, waktu berwisata di Pulau Simeulue. Happy Travelling…

Posting Komentar untuk "List Tempat Wisata di Pulau Simeulue"