Kawasan Wisata Tegal Jarong di waduk Jatigede, Sumedang, Jawa Barat



Travellers......kalau berwisata ke daerah Sumedang, Jawa Barat, obyek wisata apa yang bisa dikunjungi? Nah obyek wisata Waduk Jatigede bisa menjadi pilihan anda. Waduk Jatigede menjadi waduk terbesar kedua di Indonesia dengan luas hampir 5 ribu hektar.
Waduk Jatigede yang  diremikan tahun 2015 silam oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimulyono telah memberi kehidupan baru bagi warga Sumedang, Jawa Barat dan sekitarnya.
Saya mendatangi salah satu desa, yaitu desa Cijeungjing, kecamatan Jatigede. Desa yang terletak di tepi waduk Jatigede ini telah memiliki kawasan wisata Tegal Jarong sejak tahun 2015 silam. Wisata Tegal Jarong menjadi salah satu tujuan wisata di sebelah timur bendungan Jatigede. Saat ini wisata Tegal Jarong dikelola oleh karang taruna dan warga sekitar. Wisatawan bisa menikmati kuliner atau sekedar bersantai di warung yang berjajar rapi di dekat waduk. Oh ya...selain itu juga disediakan beberapa spot selfie untuk wisatawan yang hobi berfoto. Seru ya travellers.....

Di kawasan wisata ini saya bertemu dengan Dede Sutarna, Kaur Kewilayahan Desa Ciejungjing. ia bercerita bagaimana masyarakat sangat antusias saat pembukaan wisata Tegal Jarong. Salah satu wisata yang diunggulkan adalah wisata naik perahu berkeliling waduk Jatigede. Kawasan wisata Tegal Jarong memiliki sekitar 15 perahu yg dikelola oleh warga sekitar. Tiket naik perahu pun cukup terjangkau, sebesar 20 ribu rupiah per orang.
Saya pun mencoba naik perahu di waduk Jatigede, setelah penuh dengan penumpang, pemilik perahu pun membawa wisatawan berkeliling waduk. Sejauh mata memandang, tampak pepohonan kehijauan dengan panorama alam sangat indah. Saat naik perahu, saya bercakap cakap dengan salah satu penumpang, Fajar sangat tertarik untuk mencoba pengalaman baru, naik perahu dan berkeliling di waduk Jatigede. 
Setelah selesai berkeliling waduk Jatigede, kini saatnya makan ya....Jangan kuatir akan sulitnya mencari makanan, karena di sekitar kawasan wisata Tegal Jarong ada warung makanan yang menjajakan kuliner lezat. Sejak diresmikan tahun 2015 silam, jutaan bibit ikan sudah disebar. Saat saya berkunjung ke tempat ini, tahun 2018 silam, berarti ikan ikan yang ada di waduk Jatigede ini sudah berumur sekitar 3 tahun. Saya pun memesan gurameh goreng ukuran 3 kilogram lengkap dengan lalapannya.
Oh ya...sembari menunggu pesanan ikan gurameh goreng yang saya pesan, ada informasi menarik, bahwa warga di sekitar waduk bebas untuk menangkap ikan. Dan uniknya ikan hasil pembibitan di waduk Jatigede ini umumnya berukuran besar, karena mereka memperoleh nutrisi yang bagus dari dalam air waduk. 
Nah...kini saatnya menikmati kuliner lezat. Hmmm rasa ikan gurame goreng pesanan saya sangat lezat, dan tidak bau tanah. Pemilik warung juga jago membuat sambal lezat sebagai pelengkap kuliner ini, jangan lupa lalapan dari dedaunan yang segar. Saya dan beberapa warga desa menikmati kuliner di saung yang terletak di tepi danau. Sambil makan, kami menikmati panorama Waduk Jatigede yang indah. 

Kawasan wisata Tegal Jarong telah menjadi bukti nyata, bahwa dengan semangat dan kreatifitas, keberadaan waduk Jatigede dapat dimanfaatkan untuk kemakmuran warganya. Dan kawasan wisata ini dapat menjadi pilihan anda saat berkunjung ke wilayah Sumedang, Jawa Barat.
Enjoy your time at waduk Jatigede travellers....

Cheers 



Posting Komentar untuk "Kawasan Wisata Tegal Jarong di waduk Jatigede, Sumedang, Jawa Barat"